Bapak dan Ibu Guru yang mengajar di SMA berikut ini kami tawarkan Silabus dan RPP SMA lengkap dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Program Tahunan dan Program Semester.
Bapak/ Ibu Guru hanya tinggal mengedit sesuai dengan kebutuhan.
Adapun Silabus dan RPP SMA yang bisa dipesan adalah :
1. RPP Bahasa Indonesia Kelas X >> KLIKuntuk melihat contoh<<
2. RPP Bahasa Inggris Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
3. RPP Matematika Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
4. RPP Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
5. RPP Fisika Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
6. RPP Kimia Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
7. RPP Biologi Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
8. RPP Ekonomi Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
9. RPP Sosiologi Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
10. RPP Geografi Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
11. RPP PJOK Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
12. RPP Sejarah Indonesia Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
13. RPP Seni Budaya Kelas X >> KLIK untuk melihat contoh<<
Sekarang tersedia juga RPP untuk SMK
1. Silabus dan RPP Bahasa
Indonesia SMK kelas X
2. Silabus dan RPP Fisika SMK
kelas X
3. Silabus dan RPP Kimia SMK
kelas X
4. Silabus dan RPP Matematika
SMK kelas X
5. Silabus dan RPP Pendidikan
Agama Islam SMK kelas X
6. Silabus dan RPP PJOK SMK
kelas X
7. Silabus dan RPP PPKn SMK
kelas X
8. Silabus dan RPP Sejarah
Indonesia SMK kelas X
9. Silabus dan RPP Seni
Budaya SMK kelas X
Untuk tingkat SMP
1.
Silabus dan RPP IPS SMP kelas X
Cara Pemesanan :
Cara Pemesanan dengan mengirim SMS ke Nomor Hp. 085399609405
Format Pemesanan : Nama, Mata Pelajaran, Alamat Lengkap
Contoh : Andi, RPP Bahasa Indonesia, Jl. Pembangunan No. 12 Blok C1 Jakarta Pusat, Kode Pos. 98234
Cara Pengiriman:
Dapat dilakukan
melalui E-mail, facebook atau dalam bentuk CD lewat jasa pengiriman POS
Indonesia.
Jika Pemesanan melalui e-mail, pembayaran dilakukan setelah file
diterima tetapi file RPP masih terproteksi oleh password. Password diberikan
melalui sms jika telah melakukan konfirmasi pembayaran.
Barang belum dibayar sebelum anda memiliki file-nya
Sedangkan untuk pemesanan dengan CD, pembayaran dilakukan
dimuka. Barang dikirim segera setelah melakukan pembayaran.
Cara Pembayaran:
Pembayaran dilakukan melalui rekening Bank yang akan dikirim melalui SMS setelah pemesanan.
Harga : Rp.
100.000,-/ mata pelajaran
MASIH RAGU???????
BERIKUT SCREEN SHOOT FILE PERANGKATNYA
DAN INI BEBERAPA SCREEN SHOOT PENGIRIMAN FILE LEWAT E-MAIL
Contoh RPP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 9 x 45
menit (3 pertemuan x 3 jam pelajaran)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 :
Menghargai dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI-2 :
Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah ling-kungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami dan me ne rapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu meng-gunakan metode, sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI INTI:
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Ruang
Lingkup Biologi
|
1.1.
Mengagumi, menjaga, melestarikan
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek, dan
permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.
|
1.
Memahami permasalahan biologi dan
memahami kompleksitas ciptaan Tuhan.
|
2.1 Berperilaku ilmiah ( jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif, dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di
dalam kelas maupun di luar kelas.
|
1. berperilaku ilmiah setiap melakukan diskusi dan percobaan.
|
|
3.1 Merinci prosedur keselamatan kerja dan
biosafety sederhana di laboratorium Biologi secara disiplin dan bertanggung
jawab.
|
1.
Mengurai resiko kecelakaan di
laboratorium.
2.
Merinci prosedur keselamatan kerja di
laboratorium.
3.
Memahami usaha pertolongan pertama
pada kecelakaan di laboratorium.
|
|
3.2 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi
kehidupan.
|
1.
Menjelaskan pengertian dari Biologi.
2.
Mengidentifikasikan objek yang
dipelajari dalam Biologi.
3.
Mengidentifikasikan cabang-cabang
Biologi.
4.
Mengidentifikasi tingkat organisasi
kehidupan.
5.
Menjelaskan peranan Biologi dalam
kehidupan.
|
|
4.1
Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana
dalam melakukan praktek Biologi di laboratorium secara disiplin, cermat, dan
bertanggung jawab.
|
1.
Menerapkan prosedur keselamatan kerja
di laboratorium setiap melakukan percobaan biologi.
|
|
4.2
Membuat desain penelitian tentang suatu objek Biologi dan permasalahannya
pada tingkat organisasi kehidupan tertentu.
|
1.
Menyebutkan langkah-langkah dari
metode ilmiah.
2.
Menemukan permasalahan
biologi dan merancang penelitian untuk menemukan jawaban permasalahan
tersebut.
|
|
4.3
Melakukan observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk, dan
profesi berbasis Biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk
tabel.
|
1.
Memberikan contoh masalah Biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan.
2.
Melakukan penelitian sederhana untuk
memecahkan masalah-masalah dalam Biologi.
|
PERTEMUAN
I
A.
Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, observasi literatur, tanya jawab dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami risiko
bekerja di laboratorium biologi.
2.
Merinci prosedur keselamatan kerja di
laboratorium.
3.
Menyebutkan usaha pertolongan pertama
pada kecelakaan di laboratorium.
4.
Menguraikan pengertian metode ilmiah.
5.
Menjabarkan langkah-langkah motode
ilmiah.
6.
Mengurai kemampuan ilmiah yang
dipelajari di bidang biologi.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Keamanan dan Keselamatan Kerja di
Laboratorium.
2.
Belajar Biologi dengan Metode Ilmiah
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : keterampilan proses
Metode :
observasi literatur, diskusi,
dan eksperimen.
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Powerpoint Unit 1 Ruang Lingkup Biologi
dan Buku Advanced Learning Biology XA.
2.
Gambar dan charta peraturan di
laboratorium.
3.
Alat dan Bahan untuk kegiatan Activity
1.1 di halaman 10: Alat tulis, laboratorium sekolah, dan lembar observasi.
4.
Literatur ilmiah.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan siswa untuk mulai
belajar.
b.
Apersepsi: bertanya jawab tentang topik
ruang lingkup biologi. Siswa diminta men-jawab Preview Test.
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran
tentang resiko pekerjaan di laboratorium dan tahap penelitian ilmiah dan
metodenya.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa secara berkelompok
untuk
Mengamati
1)
Memperhatikan gambar mengenai
simbol-simbol pada label bahan kimia atau peraturan umum di laboratorium.
2)
Mengamati keadaan laboratorium di
sekolah dan melakukan observasi mengenai perlengkapan keselamatan dan
pertolongan pertama di sana.
3)
membaca jurnal penelitian sederhana yang
dibagikan guru.
Pengumpulan Data
1)
Mengerjakan Activity 1.1 dan menuliskan data-data yang dibutuhkan di dalam
lembar yang disediakan.
2)
Mengecek keberadaan peraturan di
laboratorium dan pelaksanaan peraturan
tersebut. Selain itu, keberadaan perlengkapan sebagai usaha pertolongan pertama
pada kecelakaan.
3)
Mengidentifikasi apa saja
langkah-langkah penelitian yang terdapat dalam jurnal penelitian tersebut.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan macam risiko kecelakaan
ketika bekerja di laboratorium.
2)
Menyimpulkan beberapa hal yang harus
dipahami dan dilaksanakan ketika sedang bekerja di laboratorium.
3)
Menyimpulkan penerapan aturan di
laboratorium harus dilakukan setiap kali bekerja di laboratorium.
4)
Menyimpulkan keterkaitan antara setiap
tahapan metode dalam penelitian ilmiah.
Mengkomunikasi
1)
Mengkomunikasikan hasil pengamatan Activity 1.1 dalam bentuk laporan.
2)
Menguraikan usaha-usaha pertolongan
pertama pada kecelakaan di laboratorium.
3)
Mempresentasikan langkah-langkah ilmiah
yang terdapat pada jurnal penelitian yang diteliti.
4)
Menanggapi dan berdiskusi mengenai
metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah tersebut.
5)
Mengutarakan karakter ilmiah yang akan
berkembang dalam diri seorang peneliti.
b.
Mendiskusikan hasil laporan dan memberi
kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3. Penutup
a.
Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
b.
Mendorong siswa untuk selalu disiplin dan peduli
lingkungan ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.
Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau
tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
PENILAIAN
1.
Teknik dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan sikap
|
Lembar pengamatan sikap
|
Tes unjuk kerja
|
Tes uji kerja
|
Tes tertulis
|
Tes uraian dan pilihan
|
2.
Contoh instrumen
a.
Lembar pengamatan sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada
Tuhan
|
||
2
|
Memiliki
rasa ingin tahu (curiosity)
|
||
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
||
4
|
Menyampaikan ide, informasi, dan argumentasi
|
||
5
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
6
|
Menghargai pendapat orang lain
|
||
7
|
Partisipasi dalam kelompok belajar
|
||
8
|
Kerapihan laporan percobaan
|
*) 5=sangat
baik, 4=baik, 3=cukup, 2=kurang, dan
1=sangat kurang.
b.
Lembar tes unjuk kerja
1)
Pertemuan I
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Pemahaman tata
tertib di laboratorium
|
||
2
|
Teliti dalam
mengamati keadaan laboratorium
|
||
3
|
Terampil dalam
mempresentasi hasil pengamatan
|
*) 5=sangat
baik, 4=baik, 3=cukup, 2=kurang, dan
1=sangat kurang.
2)
Pertemuan II
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Keterampilan
membuat sayatan tipis
|
||
2
|
Keterampilan
menggunakan mikroskop
|
||
3
|
Pemahaman
prosedur kegiatan
|
||
4
|
Keterampilan
mempresentasikan hasil pengamatan
|
*) 5=sangat
baik, 4=baik, 3=cukup, 2=kurang, dan
1=sangat kurang.
3)
Pertemuan II
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Keterampilan
mendemonstrasikan membuat preparat
|
||
2
|
Ketelitian
menggunakan mikroskop
|
||
3
|
Pemahaman
prosedur kegiatan
|
||
4
|
Keterampilan
mempresentasikan hasil pengamatan
|
*) 5=sangat
baik, 4=baik, 3=cukup, 2=kurang, dan
1=sangat kurang.
c.
Lembar penilaian laporan hasil penelitian
No.
|
Perencanaan Penelitian
|
Hasil Penelitian
|
Skor
|
1
|
Perumusan masalah penelitian
|
5
|
|
2
|
Perumusan hipotesis
|
5
|
|
3
|
Perumusan tujuan penelitian
|
5
|
|
4
|
Perumusan judul penelitian
|
5
|
|
5
|
Perumusan prosedur penelitian / langkah penelitian
|
20
|
|
6
|
Tinjauan pustaka
|
20
|
|
7
|
Hasil penelitian dan pengolahan
|
30
|
|
8
|
Kesimpulan
|
10
|
|
TOTAL
|
d.
Lembar tes tertulis
1)
Jelaskan apa yang dimaksud dengan Biologi.
2)
Sebutkan 3 contoh cabang ilmu biologi beserta objek
kajiannya.
3)
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan individu, populasi, dan komunitas.
Berikan masing-masing satu contohnya.
4)
Sebutkan dua peranan Biologi dalam bidang kesehatan.
5)
Sebutkan dua contoh penyalahgunaan
ilmu Biologi dalam kehidupan.
Mengetahui
Kepala
Sekolah .................
(
_______________________ )
NIP/ NIK .................................
|
......,
........................... 20...
Guru Mapel Biologi
(
_______________________ )
NIP/ NIK ..................................
|
Posted by 12.01 and have
11
komentar
, Published at
sayank...harus beli :(
BalasHapusada pin bb gak gan ?
BalasHapusSILABUS N RPP OLAHRAGA SMK KO GAK ADA
BalasHapusada rpp biologi kelas xi enggak pak....kalau ada saya pesan donk....
BalasHapusmaaf Pak, belum ada kelas xi
BalasHapusPenjas SMK kelas x ada pak, silahkan pesan ke nomor di atas
BalasHapussaya hargai dan memberikan apresiasi pada bapak semua yang berkreasi dan juga yang sudi memberikan secara cuma-cuma nanti coba kirim saya perangkat jurusan IPs dan mapela agama juga untuk MA pak barangkali sudah ada yang kurtilas, terima kasih
BalasHapusini email saya :rafiraihan721@gmail.com atau usep.rusmana@ymail.com, aturan dan lain halnya sms di 085320875281
BalasHapusbiologi kelas XI ada Pak?
BalasHapusklo ada saya mau pesan BIOLOGI KELAS XI SMA .... email saya dedia_roni@yahoo.com
BalasHapuskontak saya di 08126785993, call/sms/WA
BalasHapus